39

Lomba Menulis “1001 Sisi Erupsi Merapi 2010″

15 Apr 2011 by pendekartidar in Berita

UPDATE : 18 April 2011 (update terbaru ditandai dengan tulisan warna biru)

Menulis sebenarnya bukanlah hal yang mudah, namun bukan pula sebuah hal yang sulit dan harus ditakuti. Dengan menulis setidaknya kita dapat memberikan 3 (tiga) hal bermanfaat kepada sesama. Pertama, dengan kita menuliskan sesuatu hal maka kita telah memberikan dan membagi ilmu dan pengetahuan dengan orang lain. Kedua, dengan menulis maka kita telah mendokumentasikan suatu pengetahuan yang kita miliki, hingga pada suatu saat (siapa tahu) akan diperlukan oleh orang lain. Dan ketiga adalah merangsang dan menumbuhkan minat baca masyarakat.

Mengingat manfaat menulis yang sedemikian banyak sebagaimana tersebut di atas, maka patut disayangkan minat dalam menulis masih rendah. Hal ini terutama sangat dirasakan di kalangan pelajar, hingga menjadi sebuah keprihatinan sekaligus tantangan bersama untuk membangkitkan semangat dan kemauan tersebut. Itulah yang mendasari Komunitas Pendekar Tidar, sebuah Komunitas Blogger Magelang, dalam rangka memperingati HUT ke-II dan memperingati Hari Pendidikan Nasional 2011 menggagas sebuah lomba menulis untuk kalangan pelajar.

Agenda lomba menulis ini sebenarnya hanyalah agenda yang sangat kecil dari sebuah semangat dan cita-cita yang besar untuk mendorong kalangan pelajar bersemangat dalam menulis, sebagai sebuah media dan sarana untuk saling berbagi kepada sesama melalui tulisan. Sebab pada hakikatnya sebuah torehan kata-kata, apapun bentuknya, adalah dalam rangka untuk menebarkan sebuah pengetahuan kepada sesama.

Di sisi lain baru saja kita, segenap masyarakat di seputaran lingkar gunung Merapi, merasakan betapa dahsyatnya dampak erupsi gunung teraktif ini. Ratusan ribu rakyat secara tiba-tiba harus menyingkir ke pengungsian. Debu, abu, pasir, bahkan kerikil dan batu beterbangan di langit kaki gunung. Ribuan hektar lahan pertanian rusak porak-poranda. Hewan ternak, bahkan beberapa warga tewas menjadi korban awan panas. Sekolah-sekolah diliburkan karena semua siswa dan guru menjadi pengungsi.

Terdorong oleh hal-hal sebagaimana terurai di atas, pastinya akan sangat beragam kesan, pendapat, opini dan perasaan yang dirasa oleh berbagai kalangan masyarakat terhadap kejadian erupsi Merapi, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Alangkah menariknya untuk mendokumentasikan pikiran muda dari sudut pandang para remaja dan pelajar kita menjadi tulisan-tulisan yang inspiratif terkait keberadaan gunung Merapi.

Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan 2011

TEMA : 1001 Sisi Erupsi Merapi 2010

SUB-TEMA :

  • Kesan, pengalaman, opini, serta pandapat tentang peristiwa erupsi Merapi;
  • Alam, berkenaan dengan kondisi dan situasi alam, baik mengenai wisata alam yang terpendam, kondisi lingkungan hidup yang ada, produk atau sumber daya alam potensial, serta kondisi pembangunan kawasan Merapi;
  • Sosial-Budaya, berkenaan dengan budaya yang ada di kawasan masing-masing, seperti kesenian, seni kerajinan rakyat, tari-tarian, adat istiadat atau upacara-upacara adat, serta berbagai aspek kehidupan sosial kemasyarakatan;
  • Kuliner atau makanan khas seputar Merapi;
  • Aspirasi terhadap proses pemulihan dan pembangunan yang sedang berlangsung;

PESERTA : Peserta adalah pelajar tingkat SMP dan SMA di wilayah eks-Karesidenan Kedu (Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, dan Kebumen).

KETENTUAN PENULISAN :

  • Tulisan adalah asli karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan di media cetak, media elektronik, maupun media online.
  • Tulisan dalam bentuk artikel, maksimal¬†2 – 3 halaman Kertas A4.
  • Margin atas-kanan-kiri-bawah : 3cm – 3cm – 3cm – 3cm.
  • Diketik dengan fontasi Times New Roman ukuran 12px spasi 1,5 atau boleh dengan tulisan tangan.
  • Penulisan sesuai dengan aturan tata bahasa (Ejaan Yang Disempurnakan).
  • Mencantumkan nama lengkap, alamat rumah, asal sekolah, alamat sekolah, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  • Setiap tulisan yang diikutkan lomba menjadi milik panitia dengan hak cipta tetap pada peserta.

WAKTU PENGUMPULAN NASKAH : 2 Mei 2011 – 22 Mei 2011(diperpanjang hingga 22 Mei 2011)

CARA PENGUMPULAN NASKAH (pilih salah satu) :

  • Naskah dikirimkan melalui email dalam bentuk dokumen (MS-Word, Open Office, atau PDF) ke alamat email : [email protected]
  • Naskah dikirimkan melalui surat atau datang langsung ke alamat sekretariat Pendekar Tidar. (lihat alamat sekretariat di bagian bawah).
  • Khusus naskah yang dikirim dalam bentuk hard copy (melalui surat atau datang langsung) dibuat rangkap dua, satu naskah asli dan satu fotocopy naskah.

PEMENANG LOMBA :

  • Juara I, juara II, dan juara III untuk tingkat SMP.
  • Juara I, juara II, dan juara III untuk tingkat SMA.

PENGUMUMAN DAN PENYERAHAN HADIAH LOMBA :

  • Penyerahan hadiah dilaksanaan bersamaan dengan kegiatan Seminar Pendidikan “Internet Sehat untuk Mencerdaskan Generasi Masa Depan”, Sabtu 25 Juni 2011.
  • Peserta yang menjadi juara akan diberikan undangan untuk menghadiri acara seminar melalui jalur komunikasi yang ada.
  • Pemenang lomba tidak dipungut biaya.

ALAMAT SEKRETARIAT :

Komunitas Pendekar Tidar
c.q. Nanang Triagung Edi H.
Jl. Pahlawan 134, Gang Peniten, Potrobangsan
Kota Magelang

KONTAK PERSON :

  • Kukuh (0856 434 80721)
  • Yudha (08999 3100 25)
  • Nahdhi (0856 254 2517)

Last Update : 18 April 2011

  • 389 Views

THIS ARTICLE IS WRITTEN BY

pendekartidar

Pendekar Tidar adalah salah satu komunitas blogger di Magelang. Terdiri dari beberapa blogger dari berbagai kalangan yang disatukan karena berdomisili di Magelang, pernah tinggal di Magelang, pernah singgah di Magelang, atau karena memiliki kenangan tentang Magelang.

Author Profile
COMMENTS
  1. sawali tuhusetya

    walah, ternyata saya sangat ketinggalan informasi. semoga event ini bisa jadi ajang utk mengembangkan talenta menulis sekaligus membangun kepedulian terhadap merapi dan efek yang ditimbulkannya.

  2. poejie

    halohalohalo salam paseduluran kabeh ae

    hmpengumuman lombanya sdh belum ya????
    kapan?????
    nuwun

    • ndoroseten

      pemenang lomba menulis akan diumumkan pada 25 Juni 2011 saat Seminar Pendidikan Internet Sehat di Pendopo Setda Kab Magelang, Sawitan Kota Mungkid……monggo hadir

  3. Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan 2011 | Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan 2011 - Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan 2011 - Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan 2011 = Lomba Menulis dan Seminar Pendidikan 2011

    [...] Lomba Menulis: 1001 Sisi Erupsi Merapi 2010 *) [...]

Leave a Reply

1 2
%d bloggers like this: