5

Gala Dinner

25 Nov 2011 by pendekartidar in Blogger

Pada postingan ini mungkin akan sedikit membahas tentang Gala Dinner yang menjadi acara penutup ASBC Conference. Acara ini adalah acara yang secara formal diadakan oleh kementrian luar negeri RI untuk menyambut terbentuknya ASEAN Blogger Community, sekaligus sebagai pemererat tali persaudaraan antar Negara – Negara ASEAN terutama para blogger. Acara Gala Dinner ini selain dihadiri oleh peserta ABC Conference, juga dihadiri oleh beberapa pejabat kementrian luar negeri dan beberapa petinggi Negara ASEAN yang waktu itu sedang hadir dalam acara KTT ASEAN yang berlangsung tidak jauh dari Museum Pasifika tempat ABC Conference berlangsung.

Acara Gala Dinner yang sebetulnya dimulai pada pukul 19.15 ini agak molor waktunya karena sebagian peserta masih asyik berdebat tentang isi dari deklarasi yang sedang disusun. Acara gala dinner ini dibuka dengan penampilan tarian selamat datang yang dibawakan oleh dua orang penari bali yang cantik dan elok pada saat membawakan tarian ini. Setelah penampilan tarian selamat datang usai, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh perwakilan dari kementrian luar negeri RI dan dilanjutkan dengan pembacaan isi deklarasi ASEAN Blogger Community yang dibacakan oleh blogger perwakilan dari kamboja. Untuk isi sambutan da nisi dari deklarasi saya kurang bisa menangkap secara jelas karena suasana yang tidak begitu kondusif ( peserta ngobrol sendiri  – sendiri, panggung yang lumayan jauh dari tempat duduk dan sound sistem yang tidak terlalu terdengar, serta kondisi badan yang sudah lengket dan capek).

Pada acara gala dinner ini dijadikan momen pelepas lelah dan mengobrol antar blogger satu dengan yang lainnya. Terlihat raut muka yang sedikit agak cerah ( dibandingkan waktu seminar – seminar berlangsung ) dari para blogger karena mereka dapat bercanda tawa dengan temen – teman yang selama ini hanya berhubungan lewat dunia maya. Selain ngobrol nagalor ngidul gak jelas yang disertai tawa canda, ada juga blogger yang narsis dengan berfoto ke sana ke mari. Pada acara ini juga dijadikan ajang pembagian kupon gratis oleh beberapa blogger ( kartu nama ) sebagai tanda pengenal dan salam perkenalan. Namun, posisi saya di sini sungguh sangat apes yaitu sebagai kaum duafa ( hanya dapat menerima ) sehingga saya mendapat banyak kupon berhadiah.

Makanan yang disajikan dalam acara gala dinner ini berbeda dengan makanan yang disajikan pada siang hari. Menu makanan pada gala dinner ini adalah hamper semua makanan terbuat dari ikan. Masakan yang disajikan memiliki cita rasa yang mantab. Sop ikan dibuat dengan perpaduan bumbu –  bumbu khas sehingga menampilkan citarasa ikan laut segar yang disertai aroma kaldu yang khas. Selain itu, juga terdapat menu makanan sate yang menurut beberapa blogger adalah makanan khas bali yaitu satelilit. Menurut salah satu blogger yang kamar dengan saya ( mas rosid ) sate lilit ini dibuat dari daging kambing yang dililitkan pada tusuk sate. Tusuk sate yang digunakan bukan tusuk sate seperti yang sering kita lihat,tetapi lebih mirip sendok es krim. Menurut perasaan saya sate lilit ini dibuat dengan menggunakan daging yang dihancurkan (digiling) terlebih dahulu, karena ketika dimakan tidak a lot seperti daging kambing. Pada saat makan mala ini peserta ABC conference dan pada undangan disuguhi penampilan tarian bali yang sangat indah, walau saya juga ga ngerti apa artinya. Tarian ini menjadi magnet bagi para blogger untuk maju dan memotret tarian ini terutama pada adegan membentuk piramida manusia.

Acara gala dinner ini ditutup dengan acara foto bersama seluruh panitia, peserta dan undangan yang hadir. Di sini lah terlihat ke narsisan blogger – blogger. Mereka saling berebut tempat (spot) agar bisa masuk kamera dengan jelas. Sungguh acara yang meriah setelah sebelumnya didahului dengan acara seminar dan debat yang melelahkan.

  • 565 Views

THIS ARTICLE IS WRITTEN BY

pendekartidar

Pendekar Tidar adalah salah satu komunitas blogger di Magelang. Terdiri dari beberapa blogger dari berbagai kalangan yang disatukan karena berdomisili di Magelang, pernah tinggal di Magelang, pernah singgah di Magelang, atau karena memiliki kenangan tentang Magelang.

Author Profile
COMMENTS
  1. nahdhi

    Wah, itu berarti kartu nama kadang penting meski sebenernya ada versi digital. Hardcopy selalu diperlukan.

    • ndoroseten

      satu sama lain tetep saling melengkapi(complementary)
      pernah mau kondangan nggak nyatet alamate, percaya pada email dan fb, akhire nggak ada yang inget dan muter-muter cari warnet dulu!

Leave a Reply

%d bloggers like this: